Pages

Rizqi Ainul Qolbi. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 22 Januari 2013

Jenis - Jenis Sosial Media

1. FACEBOOK

Siapa sih yang ngak kenal Facebook? Siapa sih yang belum punya akun Facebook?
Kayaknya pertanyaan-pertanyaan itu ngak perlu dijawab deh. Secara, Facebook tuh jejaring sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia khususnya di Indonesia. Indonesia menduduki peringkat 3. Peringkat 1 dan 2 diduduki oleh Amerika Serikat dan juga India.

Kenapa Facebook paling sering digunakan? Jawabannya yah karena Facebook itu user friendly. Udah gitu, fitur-fiturnya banyak banget. Kita tidak hanya bisa update status atau upload foto atau video, tapi kita juga bisa berbisnis di Facebook.

2.TWITTER


Ini nih, social networking yang ngak kalah hebatnya dengan Facebook. Twitter. Tapi twitter ini jelas sangat-sangat berbeda dengan Facebook. Kenapa beda? Iyalah beda. Coba aja masuk. Tampilannya beda banget. Udah gitu istilah-istilah yang dipakai juga beda.

Kalau di Facebook, kita kan harus berteman dulu dengan orang, baru deh kita bisa chat atau saling berkomentar di status. Nah, kalau Twitter ngak main kayak begituan. Adanya tuh Follow. Fungsi dari Follow itu adalah supaya kita bisa mengetahui status terbaru dari orang yang kita Follow tersebut. Jadi kalau kita tidak ingin mengetahui apa-apa tentang orang tersebut, yah ngak usah di follow aja. Wkwkwkw

Makanya kenapa artis-artis lebih memilih menggunakan Twitter dari pada Facebook. Tapi ya begitulah, untuk kalangan orang-orang yang sudah nyaman menggunakan Facebook, mereka akan mengatakan bahwa Twitter itu ribet. Mau tahu ngak ribetnya tuh kenapa? Kita hanya dibatasi 140 karakter. Udah gitu ngak ada yang namanya komentar-komentar. Yang ada tuh RT(Reply Twitter). Ini nih yang sedikit membingunkan. Hehehe



3.GOOGLE+

Jujur, saya belum pernah sama sekali menyentuh google+. Jadi maaf saya tidak bisa memberitahu lebih banyak tentang jejaring sosial ini. Tapi setelah saya search, ternyata kelebihan google+ dibandingkan dengan facebook dan juga twitter yaitu memungkinkan pengguna secara selektif berbagi dengan grup tertentu dalam lingkaran teman yang ada. Alhasil semua kegiatan berbagi tak langsung dibagi ke semua pengguna sekaligus.





4.YAHOO MESSENGER

Yahoo Messenger. Wuah, ngak usah dibicarain deh. Udah jago banget nih social networking yang satu ini. Banyak banget kelebihannya. Nih ya aku sebutin satu per satu.
1.Bisa video streaming.
2.Bisa smsan.
3.Bisa teleponan.

Itu sih yang paling lebih dari YM (Yahoo Messenger) dibanding dengan yang lain. Tapi fasilitas chat, new status masih tetap ada kok kayak yang lainnya.


5.MYSPACE

Bisa di bilang ini buyutnya social networking kali ya. Langsung aja ya kita masuk di kelebihannya.

  1. Jumlah teman tak dibatasi. 
  2. Skalanya internasional, jadi kita bisa add orang dari negara mana saja.
  3. Tidak perlu login dan menyetujui sebuah aplikasi ketika kita menerima komentar atau kiriman pesan berbasis html atau Javascript.
  4. Tidak bisa mengupload gambar-gambar yang tidak sopan dan tak senonoh.
  5. Tidak berafiliasi dengan berbagai aplikasi sehingga data atau gambar-gambar yang kita upload hanya menjadi milik kita dan Myspace tanpa dibagi pada pihak lain.
  6. Sangat mudah membuat playlist musik yang kita suka dan menyimpannya di halaman profil.
  7. Halaman profil lebih mewah dan mudah untuk diganti kapanpun kita mau. Khusus fitur ini, kita bebas mengambil dari Myspace atau pun pihak luar yang tidak berafiliasi dengan Myspace.
  8. Menyediakan fasilitas halaman khusus yang disebut 'Myspace Music' buat para musisi atau group band yang ingin mempromosikan diri dan karyanya,
  9. Lebih mirip sebuah website.


6.PLURK 

Plurk. Kenapa dinamakan Plurk? Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang maksimum 140 karakter. Wah, sama nih kayak twitter. Tapi ada bedanya donk. Ini dia kelebihan dari plurk.
  1. Mempunyai tampilan yang dapat kita ubah sesuai dengan keinginan.
  2. Tidak banyak reload.
  3. Plurk memiliki penghargaan kepada pengguna seperti karma dan lencana yang didapatkan setelah memenuhi syarat tertentu. Yang tentu saja membuat pengguna plurk jadi mempunyai tanda dari apa yang mereka lakukan selama ini.


7.SKYPE

Sebenarnya Skype dengan Yahoo Mesengger hampir sama. Nih ya kelebihan skype.
  1. Skype dapat secara otomatis menyimpan hasil chatting, tanpa perlu melakukan apapun.
  2. Tampilan Jendela Skype kelihatan lebih menarik dan profesional.
  3. Berbicara dengan skype antar komputer/laptop hasilnya sangat jelas.
  4. Proses pengiriman file pada skype juga lebih mudah.



8.FRIENDSTER 

Friendster merupakan social networking pertama yang di kenal di Indonesia sebelum munculnya Facebook. Bisa di bilang, Friendster merupakan pelopor munculnya Facebook dan Twitter. Kalau mau bicara kelebihan dari Friendster, sebenarnya sama saja sih dengan Facebook. Ada fasilitas buat update status, upload foto, nyari teman sebanyak-banyaknya, pokonya semuanya ada semuanya di Facebook dan Twitter.

Nah, kalau mau bicara kekurangannya lumayan. Hehehe
Di Friendster, tidak ada fasilitas untuk mengomentari status dan juga tidak ada fasilitas chatting.

Tapi ada satu jagonya Friendster, kita bisa mengubah background sesuai dengan keinginannya kita. Ini yang di ikuti twitter kali ya. Hehehe



9.ME2DAY 

Me2day nih social networking kepunyaan Korea. Kenapa aku masukin ini ke tulisanku? Yups, karena sekarang Indonesia lagi demam banget sama semua yang berbau Korea. Dari Girlband & Boyband, bahasa Korea, makanannya, pokoknya semuanya deh yang berbau Korea.

Mungkin waktu pertama kita masuk ke halaman Me2day di http://www.me2day.net/ ,, kita akan dikejutkan dengan tulisannya. Kenapa? Semuanya tulisan Hangul. Oh ya? Tapi tenang. Bisa pakai bahasa Inggris juga kok. 

Fasilitanya sama aja sih kayak social networking yang lain. Yang bikin beda cuma penggunanya aja. Kebanyakan orang Korea.


10. INDOGOO

Ini nih social networking kepunyaan Indonesia. INDOGOO , kalau ngak salah kepanjangannya itu Indonesia Go Online. Bangga saya jadi orang Indonesia. Ngak kalah bersaing dengan orang-orang di luar sana. Hehehe

Di Indogoo ini fasilitas dari Facebook, Twitter, dan Plurk sepertinya digabungkan.(Menurut penglihatanku). Karena di Indogoo ini ada fasilitas untuk tambahkan jadi teman, follow, dan lencana. Keren-keren.:)


11. Collaborative projects

  1. Collaborative projects kolaborasi proyek merupakan suatu media sosial yang dapat membuat konten dan dalam pembuatannya dapat diakses oleh khalayak secara global. Ada dua subkategori yang termasuk kedalamcollaborative project dalam media sosial yakni Wiki adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk menambahkan, menghapus, dan mengubah konten berbasis teks. Wiki yang paling populer di Internet sekarang adalah Wikipedia, tetapi wiki yang digunakan lebih banyak dan lebih banyak untuk tujuan tertentu, sedangkan subkategori lainnya adalah aplikasi bookmark sosial, yang dimana memungkinkan adanya pengumpulan berbasis kelompok dan rating dari link internet atau konten media. Reddit merupakan sebuah situs di mana link dan posting dinilai oleh penggunanya sebagai contoh utama dari aspek media sosial collaborative project. Dalam kenyataannya, banyak orang-orang yang percaya terhadap apa yang telah di posting di media sosial collaborative project misalnya pada wikipedia yang dimana pada situs tersebut apa yang telah diposting dapat dirubah oleh orang lain.

12. Blogs and microblogs
          Blogs and microblogs atau  blog dan mikroblog merupakan aplikasi yang dapat membantu penggunanya untuk tetap posting mengenai pernyataan apapun sampai seseorang mengerti. Blog sendiri ialah sebuah website yang menyampaikan mengenai penulis atau kelompok penulis baik itu sebuah opini, pengalaman, atau kegiatan sehari-hari. Sebuah blog dapat berisikan teks, gambar, dan bahkan video. Media sosial blogs and microblosini seperti Twitter, yang dimana menjadi contoh media sosial yang sempurna dan banyak yang mempergunakannya. Apabila melihat kenyataannya, blogs and microblogs kebanyakan digunakan oleh perusahaan dalam memasarkan sebuah produk atau para selebritis yang selalu update mengenai kegiatannya agar para fansnya dapat mengetahui hal-hal yang baru.

13. Content communities
           Content communities atau konten masyarakat merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk saling berbagi dengan seseorang baik itu secara jarak jauh maupun dekat yang dimana dalam content communities ini penggunanya dapat berbagi foto, video dengan orang yang dituju. Content communities ini seperti Youtube yang dapat berbagi tentang video, Flickr dan Imgur yang dapat berbagi foto, dan bahkan slide Power Point dapat dibagiakan  di situs seperti Slideshare. Dalam kenyataannya, content communites ini digunakan oleh berbagai elemen masyarakat, perusahaan, oraganisasi, maupun orang-orang yang populer agar dapat berbagi mengenai apa yang dimiliki.

14. Social networking sites
           Social networking sites atau situs jejaring sosial yang dimana merupakan situs yang dapat membantu seseorang untuk membuat sebuah profil dan kemudian dapat menghubungkan dengan pengguna lainnya. Situs jejaring sosial adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung menggunakan profil pribadi atau akun pribadinya. Dalam profil pribadinya mencakup semua jenis informasi termasuk foto, video, file audio, dan blog. Situs jejaring sosial ini umumnya memiliki fitur seperti instant messaging dan email. Situs jejaringan sosial dapat membantu seseorang untuk melakukan apa yang mereka inginkan.

15.Virtual game worlds
          Virtual game worlds atau permainan dunia virtual merupakan permainan multiplayer, yang dimana ratusan pemain secara simultan dapat didukung. Permainan dunia virtual adalah lingkungan tiga dimensi dimana pengguna dapat berinteraksi menggunakan avatar pribadinya. Permainan dunia virtual ini umumnya memiliki seperangkat aturan yang ketat dan harus diikuti dalam konteks Massively Multiplayer Online Role Playing Games (MMORPG). Permainan yang paling populer dalam kategori ini termasuk World of Warcraft dan EverQuest.

16. Virtual social worlds
            Virtual social worlds merupakan aplikasi yang mensimulasikan kehidupan nyata melalui internet. Virtual social worlds adalah situs yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dalam platform tiga dimensi dengan menggunakan avatar yang mirip dengan kehidupan nyata. Karena komunitas-komunitas ini seperti realitas virtual, suatu perusahaan dapat menggunakan taktik pemasaran yang serupa misalnya menggunakan uang sebagai alat untuk menjalankan aplikasi ini agar dapat bertahan hidup. Apabila kita memanfaatkannya dengan baik, maka aplikasi seprti ini dapat menjadi sumber penghasilan.

17. WhatsApp
  


    WhatsApp adalah aplikasi messenger yang ada di smartphone dengan basic mirip BlackBerry messenger. WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa membayar untuk SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan rencana data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain, sehingga tidak menggunakan biaya untuk dapat tetap berhubungan. Aplikasi WhatsApp Messenger adalah pengiriman pesan yang menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk berkomunikasi tanpa harus mengeluarkan biaya. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan chatting, file sharing, dan lain-lain.

 Sumber : http://science.lintas.me/go/terindikasi.blogspot.com/pengertian-whatsapp-messenger/
               http://cerita-ginty.blogspot.com/2012/04/macam-macam-social-networking-yang.html
               http://afandi41808047.wordpress.com/2011/12/08/enam-jenis-media-sosial/                



1 komentar:

  1. infony sangat bermanfaat dan membatu sekali...

    http://goo.gl/NQgPrD

    BalasHapus